Butuh Bantuan? Customer Service KOMUNITAS HERBAL SHOP siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Kegunaan Sarang Semut Papua : Obat Herbal TerPopuler Di Asia Tenggara

Kegunaan Sarang Semut Papua : Obat Herbal TerPopuler Di Asia Tenggara

Ditulis pada: 13 February 2014 | Kategori: Uncategorized

Apakah Kegunaan Sarang Semut Papua ???

Sejak ditemukannya kandungan dan nutrisi seperti flavonoid, tokoferol, dan fenolik dalam kegunaan Sarang Semut Papua dari Indonesia, maka tumbuhan ini makin ramai diperbincangkan.
 
Kini, Sarang Semut adalah obat herbal yang telah diteliti lebih lanjut secara ilmiah oleh para peneliti dalam membuktikan khasiat tumbuhan yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini.
 

kegunaan sarang semut papua

Tanaman sarang semut papua terpopuler di asia tenggara


 
Selain kajian ilmiah, banyak dari masyarakat pengguna pengobatan herbal Sarang Semut asli telah mengakui keampuhannya dalam mengobati berbagai macam penyakit, dari yang ringan hingga berat.
 

Jenis Sarang Semut

Meski khasiat Sarang Semut dari Papua begitu ampuh, namun tak semua jenis Sarang Semut bisa dikonsumsi sebagai obat herbal. Hanya ada dua jenis yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat Asia Tenggara dari lima genus Sarang Semut yang tergabung dalam famili Rubiceae.
 
Kedua jenis Sarang Semut itu adalah Hydnophytum dan Myrmecodia. Hydnophytum yang memiliki 45 spesies digunakan oleh masyarakat Asia Tenggara sejak lama.
 

Di Jawa spesies Hydnophytum formicarum ini disebut Urek-urek Polo yang digunakan untuk sakit kepala dan pembengkakan. Sedangkan di Filipina air rebusan banghai, sebutan Hydnophytum formicarum, digunakan untuk mengobati masalah liver dan pencernaan.
 
Di Thailand, Hua Roi Ru atau serbuk Sarang Semut dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti cacingan, penyakit tulang, penyakit kulit, penyakit paru-paru, dan sebagai ramuan untuk penyakit diabetes serta tonik untuk jantung.

 
Untuk jenis Myrmecodia ada dua spesies yang digunakan untuk obat yaitu Myrmecodia tuberose dan Myrmecodia pendans. Pemanfaatan M. pendanstelah lama diterapkan oleh masyarakat Papua untuk mengobati berbagai penyakit.
 
Kepopuleran tiga spesies Sarang Semut di atas tidak lepas dari kandungan yang super sebagai obat penyakit ringan dan bahkan obat kanker.
 

sarang semut papua asli

Foto Seduhan Sarang Semut Papua Asli dan Palsu


 

Kandungan dan Kegunaan dari Sarang Semut Papua

  • Flavonoid
    Flavonoid sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Fungsi flavonoid adalah untuk melindungi struktur sel dan meningkatkan efektivitas vitamin C, anti-inflamasi, mencegah keropos tulang, dan antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikrorganisme seperti bakteri dan virus.
  • Tanin
    Tanin berfungsi untuk mengendapkan protein berlebih dalam tubuh. Tanin digunakan untuk pengobatan diare, wasir, dan menghentikan perdarahan serta keputihan.
  • Polifenol
    Polifenol digunakan untuk menstabilkan kadar gula darah dan anti-mikroba.
  • Tokoferol
    Tokoferol adalah antioksidan kuat yang dapat menghambat dan meredam radikal bebas hingga 50%.
  • Magnesium
    Magnesium sangat berperan penting dalam penyakit yang berkaitan dengan fungsi tulang, hati, otot, keseimbangan basa dan lainnya. Ini membuktikan bahwa Sarang Semut dapat membantu mengatasi penyakit jantung, migrain, meningkatkan fungsi ginjal, prostat, dan mengembalikan stamina serta gairah seksual.
  • Mineral-mineral lainnya
    Kandungan lain seperti kalsium (untuk kerja jantung), besi, fosfor, natrium, dan seng bermanfaat untuk penyembuhan luka, pembentukan hemoglobin, penyerapan kalsium, dll.

 
Dari ketiga jenis Sarang Semut di atas hanya Hydnophytum formicarum dan Myrmecodia pendans yang telah ditunjang oleh berbagai kajian ilmiah. Meskipun peneliti LIPI telah membeberkan sejumlah fakta menyenangkan tentang M.pendans, namun, mereka masih terus menelitinya.
 
Kestabilan suhu dan reaksi kimiawi antara senyawa yang dikeluarkan semut dengan zat yang ada pada tanaman Sarang Semut disebutkan sebagai alasan mengapa Sarang Semut begitu ampuh.
 
Beberapa Link yang membahas mengenai Sarang Semut bisa dibaca juga di wikipedia atau Cek di video berikut ini :
 
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=dG0Yr34zfOo]

Kegunaan Sarang Semut Papua : Obat Herbal TerPopuler Di Asia Tenggara | KOMUNITAS HERBAL SHOP

Tags: kapsul sarang semut, sarang semut, teh sarang semut

Komentar dinonaktifkan: Kegunaan Sarang Semut Papua : Obat Herbal TerPopuler Di Asia Tenggara

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Madu Penyubur Pria dan Kandungan Wanita Al Mabruboh

Ditulis pada: 25 December 2016

Dalam bahtera rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warohmah (agama islam), belum lengkap rasanya bila belum memiliki anak yang senantiasa kehadiaranya didambakan oleh pasangan suami istri sebagai pelengkap kebahagiaan dalam mahligai pernikahan. Ada pasangan pasutri yang setelah menikah berbahagia dianugrahkan... Baca selengkapnya »

Mengenal Perbandingan Adaptasi Obat Herbal dan Obat Kimiawi

thumbnail Ditulis pada: 30 November 2016

Anda pasti sudah sering mendengar tentang dua macam obat, yaitu obat herbal dan obat kimia. Selama ini masyarakat mengartikan obat kimia sebagai penyembuh yang bereaksi cepat, harus sesuai anjuran dokter (karena bersifat keras), namun ada efek sampingnya. Sedangkan obat herbal... Baca selengkapnya »

Buah Manggis Lebak Diminati Pasar Eropa

produk buah manggis lebak diminati pasar eropa Ditulis pada: 8 November 2015

Buah Manggis Lebak Diminati Pasar Eropa Buah manggis (Garcinia mangostana) asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, diminati pasar Eropa, sehingga dapat memberikan pendapatan bagi petani di daerah itu. “Saat ini buah manggis Lebak dipasok ke pasar Eropa, seperti Belanda, Jerman, Italia,... Baca selengkapnya »

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri – Sel Makrofag

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri Ditulis pada: 3 November 2015

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri Apakah Benar Teori bahwa anda manusia mampu membunuh penyakit kanker dari tubuh anda sendiri ??? . Manusia diciptakan sempurna, termasuk organ tubuh yang mampu menangkal secara alami bahaya dari luar tubuh. Semua agama... Baca selengkapnya »

Bongkar Manfaat Oralit

manfaat oralit Ditulis pada: 28 October 2015

Pengertian dan Manfaat Oralit Berbicara manfaat oralit maka kita sekilas akan menyebut untuk mengobati diare. Jawaban Masyarakat umum yang dianggap wajar karena dikenal oleh mereka disaat menderita diare minum oralit.     Benarkah Oralit bermanfaat Hanya untuk Penyakit Diare ???... Baca selengkapnya »

Produk Kapsul Herbal

Kulit Manggis
Daun Sirsak
Daun Binahong
Daun Jati Cina
Temu Putih
Temulawak
Pasak Bumi

OPEN NOW, MAU ORDER CHAT DI SINI !!