Butuh Bantuan? Customer Service KOMUNITAS HERBAL SHOP siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Manfaat Kopi Mencegah Penyakit Multiple Sclerosis (MS)

Manfaat Kopi Mencegah Penyakit Multiple Sclerosis (MS)

Ditulis pada: 16 October 2015 | Kategori: Uncategorized

Manfaat Kopi Mencegah Penyakit Multiple Sclerosis (MS)

Kopi yang merupakan salah satu bahan penyegar populer selain teh coklat tembakau dan cengkeh banyak dianggap sebagai minuman yang kurang sehat. Kontradiksi terjadi bagi penikmat kopi yang meyakini manfaat dan khasiat kopi bagi kesehatan. Dalam hal ini Komunitas Herbal ingin berbagi informasi Manfaat Kopi Mencegah Penyakit Multiple Sclerosis (MS) yang mungkin belum banyak orang biasa dengar. Semoga Bermanfaat !!!

Manfaat Kopi Mencegah Penyakit Multiple Sclerosis (MS)

Sebelum masuk ke masalah utama sebaiknya kita sama sama mengenal sekilas tentang hal terkait informasi artikel ini.

Penyakit Multiple Sclerosis (MS)

Penyakit Multiple sclerosis (MS) atau disebut juga dengan sklerosis multipel (ganda) adalah penyakit progresif yang muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang selaput pelindung saraf atau mielin dalam otak dan saraf tulang belakang. Saraf-saraf yang rusak kemudian akan mengeras dan membentuk jaringan parut atau sklerosis.

Kerusakan mielin ini akan menghalangi sinyal-sinyal yang dikirim melalui saraf. Akibatnya komunikasi antara otak dengan bagian-bagian tubuh yang lain akan terganggu.

penyakit multiple sclerosis

Jenis-jenis Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu multiple sclerosis kambuhan, multiple sclerosis progresif sekunder, dan multiple sclerosis progresif primer.

(1) MS kambuhan merupakan jenis yang paling umum terjadi. Diperkirakan sekitar 80 persen penderita MS mengidap jenis ini. Sesuai namanya, MS kambuhan memiliki fluktuasi. Ada masa ketika penderita mengalami serangan gejala yang parah dan ada pula saat-saat gejala akan berkurang atau mereda. Masa gejala reda tersebut dikenal dengan istilah masa remisi.

Pada saat kambuh, gejala MS dapat berlangsung dalam jangka pendek dalam hitungan hari hingga jangka panjang dalam beberapa bulan. Demikian juga dengan masa remisi.

(2) MS progresif sekunder. Gejala MS ini perlahan-lahan akan bertambah parah. Penderita biasanya akan mengalami masa kambuh, tapi tidak dapat pulih sepenuhnya. Jenis MS ini umumnya berkembang pada penderita yang sudah mengidap MS kambuhan selama 15 tahun.

(3) MS progresif primer, gejala-gejala yang dialami penderita akan terus bertambah parah tanpa disertai masa remisi. Ini merupakan jenis MS yang paling jarang terjadi.

Di samping itu, ada sebagian kecil pengidap MS yang pulih sepenuhnya setelah mengalami masa kambuh jangka pendek. Ini dikenal sebagai multiple sclerosis jinak. Dokter bisa memastikan Anda mengidap MS jinak jika Anda sama sekali tidak mengalami gejala selama 20 tahun atau lebih.

Penyakit ini dapat menyebabkan beragam gejala yang berbeda-beda pada tiap penderita. Gejala-gejala ini biasanya tergantung kepada lokasi serat-serat saraf yang diserang penyakit ini.

Beberapa gejala yang umumnya terjadi meliputi Rasa kebas atau lemas (Umumnya pada satu sisi tubuh atau kaki), Gangguan penglihatan (pandangan yang kabur, buta warna, atau penurunan kualitas penglihatan mata), Sensasi geli (nyeri pada bagian-bagian tubuh), Kelelahan yang parah (Diperkirakan sekitar 90 persen penderita multiple sclerosis mengalaminya), Nyeri neuropati (rasa sakit yang menusuk, kulit yang sangat sensitif, atau sensasi terbakar), Gangguan pada kemampuan motorik dan keseimbangan (gangguan koordinasi tubuh, vertigo, atau gemetaran), Pusing, cara bicara yang tidak jelas atau kacau, Otot yang kejang atau kaku, Gangguan pada kemampuan kognitif (penurunan daya dan durasi konsentrasi), kesulitan memahami dan menggunakan bahasa, kesulitan mengingat hal-hal yang baru, Gangguan mental (depresi, kecemasan, atau emosi yang tidak stabil), Masalah seksual (disfungsi ereksi pada penderita pria dan berkurangnya cairan serta kepekaan vagina pada penderita wanita), Masalah pada kandung kemih atau pencernaan (sulit buang air kecil sampai tuntas, sering terbangun untuk buang air kecil pada malam hari, serta konstipasi)

Gejala-gejala penyakit ini sering muncul secara tidak terduga dan tidak semua penderita akan mengalaminya secara keseluruhan. Durasi serta tingkat keparahannya juga beragam. Ada sebagian penderita yang mengalaminya untuk jangka panjang dan ada yang merasakan gejala-gejala yang kambuh secara berkala dan fluktuatif.

Jika mengalami gejala-gejala yang serupa dengan gejala MS di atas, setidaknya lebih dari dua kali secara berkala dan tanpa sebab yang jelas, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

APAKAH ANDA PERNAH MENGALAMI HAL DIATAS ??? YUK MINUM KOPI …

Setelah mengenal penyakit Multiple Sclerosis (MS), tentunya anda ingin mengetahui manfaat Kopi untuk mencegah penyakit ini !!! mari kita simak beberapa fakta dan info terkait hal ini.

Kopi sebagi bahan Penyegar

kopi, teh, coklat, dan tembakau adalah bahan penyegar populer dan merupakan komoditas unggulan yang di produksi di perkebunan di seluruh indonesia, namun sayang komoditas tersebut kebanyakan di olah setengah jadi dan langsung di ekspor.

Bahan Penyegar merupakan sebutan bagi bahan yang memiliki kandungan alkaloid yang mampu memberikan stimuli berupa peningkatan kerja jantung bagi pemakainya. Selain ditinjau dari komponen aktifnya, bahan penyegar juga memiliki ciri khas tersendiri. Bahan penyegar biasanya selalu memiliki aroma, bau dan rasa yang khas dari tiap-tiap komoditasnya.

Jika Anda penggemar kopi, artikel ini akan memberikan alasan lain untuk menuangkan sendiri secangkir kedua. Jika anda tidak minum kopi, anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali demi kesehatan yang anda.

Studi dan Penelitian Manfaat Kopi untuk MS

Analisis studi di mana kebiasaan minum kopi dari orang di kedua negara : Amerika Serikat dan Swedia ditinjau telah menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko multiple sclerosis (MS), yakni kondisi sistem saraf yang melemahkan dan telah mempengaruhi lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia.

Temuan ini dijadwalkan akan dipresentasikan pada American Academy of Neurology ini (AAN) pada Pertemuan Tahunan ke-67 di Washington pada April 2015, menyatakan bahwa orang Amerika yang tidak mengkonsumsi kopi sekitar 1 1/2 kali lebih mungkin untuk mengembangkan MS dibandingkan orang-orang yang senantiasa menikmati 4 cangkir/hari/tahun sebelum perkembangan gejala MS.

sementara Studi Swedia menemukan bahwa orang yang tidak minum kopi sekitar 1 1/2 kali lebih mungkin untuk memiliki peningkatan risiko MS bila dibandingkan dengan mereka yang minum minimal 6 cangkir kopi/hari/tahun sebelum perkembangan gejala MS.

Dalam studi tertentu, peneliti menilai informasi berdasarkan > 1.600 orang Swedia dengan MS dan > 2.800 orang yang sehat di Swedia, sementara penelitian di AS terdiri dari sekitar 1.160 orang berpenyakit MS dan 1.172 orang sehat. Dalam kedua kasus, faktor-faktor seperti usia, indeks massa tubuh dan apakah atau tidak seseorang terlibat dalam kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok juga dipertimbangkan dalam Konsumsi kopi di antara orang-orang ini lalu dibandingkan selama jangka waktu yang sama.

Dalam informasi lainnya : Menurut penulis studi Ellen Mowry, MD, MCR, dengan Johns Hopkins University School of Medicine di Baltimore, “Asupan kafein telah dikaitkan dengan penurunan risiko Parkinson dan penyakit Alzheimer, dan penelitiannya menunjukkan bahwa asupan kopi juga dapat melindungi terhadap MS, mendukung gagasan bahwa obat tersebut dapat memiliki efek protektif bagi otak. Menurut Peneliti Mowry anggota dari American Academy of Neurology, di mana temuan ini telah dipublikasikan dan diatur yang diuraikan dalam Rapat AAN Tahunan mendatang. Menurutnya : “Kafein harus dipelajari untuk dampaknya terhadap kambuh dan cacat jangka panjang di MS juga”.

Studi dan Penelitian Manfaat Kopi untuk Perlindungan Diabetes dan Hati

Selain memiliki manfaat otak-melindungi, kopi juga telah ditunjukkan untuk membantu dalam pencegahan diabetes dan perlindungan hati.

Para ahli di Harvard School of Public Health (HSPH) menemukan bahwa orang yang meningkatkan asupan kopi mereka dengan rata-rata 1,69 cangkir/hari selama 4 tahun memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 selama periode itu bila dibandingkan dengan yang tidak mengubah konsumsi Kopi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastronenterology dan Hepatology mengkaitkan minum 3 cangkir kopi/hari dengan penurunan > 50 persen risiko kanker hati. Dr Carlo La Vecchia dari Milan Istituto di Ricerche Farmacologiche Mario Negri, mengatakan bahwa “Penelitian kami menegaskan klaim masa lalu bahwa kopi baik untuk kesehatan Anda dan terutama hati.”

Diperkirakan antioksidan yang kopi miliki – khususnya polifenol flavonoid terutama bertanggung jawab untuk memproduksi berbagai manfaat kesehatan.Menurut Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton, “Amerika mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi dibanding sumber makanan lain. Tidak ada yang lain datang dekat.” Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa di Amerika Serikat, Kopi itu adalah sumber antioksidan nomer 1, sehingga antioksidan minuman kopi panas ini harus dianggap sebagai bahan bagi “orang baik”.

YUK NGOPI … biasakan juga minum air putih agak keseimbangan tubuh baik bagi penikmat Kopi.

sumber : Wikipedia.com, Alodokter.com, Naturalnews.com

Manfaat Kopi Mencegah Penyakit Multiple Sclerosis (MS) | KOMUNITAS HERBAL SHOP

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Manfaat Kopi Mencegah Penyakit Multiple Sclerosis (MS)

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Madu Penyubur Pria dan Kandungan Wanita Al Mabruboh

madu-subur-pria-dan-penyubur-kandungan-untuk-kehamilan-anak Ditulis pada: 25 December 2016

Dalam bahtera rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warohmah (agama islam), belum lengkap rasanya bila belum memiliki anak yang senantiasa kehadiaranya didambakan oleh pasangan suami istri sebagai pelengkap kebahagiaan dalam mahligai pernikahan. Ada pasangan pasutri yang setelah menikah berbahagia dianugrahkan... Baca selengkapnya »

Mengenal Perbandingan Adaptasi Obat Herbal dan Obat Kimiawi

thumbnail Ditulis pada: 30 November 2016

Anda pasti sudah sering mendengar tentang dua macam obat, yaitu obat herbal dan obat kimia. Selama ini masyarakat mengartikan obat kimia sebagai penyembuh yang bereaksi cepat, harus sesuai anjuran dokter (karena bersifat keras), namun ada efek sampingnya. Sedangkan obat herbal... Baca selengkapnya »

Buah Manggis Lebak Diminati Pasar Eropa

produk buah manggis lebak diminati pasar eropa Ditulis pada: 8 November 2015

Buah Manggis Lebak Diminati Pasar Eropa Buah manggis (Garcinia mangostana) asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, diminati pasar Eropa, sehingga dapat memberikan pendapatan bagi petani di daerah itu. “Saat ini buah manggis Lebak dipasok ke pasar Eropa, seperti Belanda, Jerman, Italia,... Baca selengkapnya »

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri – Sel Makrofag

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri Ditulis pada: 3 November 2015

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri Apakah Benar Teori bahwa anda manusia mampu membunuh penyakit kanker dari tubuh anda sendiri ??? . Manusia diciptakan sempurna, termasuk organ tubuh yang mampu menangkal secara alami bahaya dari luar tubuh. Semua agama... Baca selengkapnya »

Bongkar Manfaat Oralit

manfaat oralit Ditulis pada: 28 October 2015

Pengertian dan Manfaat Oralit Berbicara manfaat oralit maka kita sekilas akan menyebut untuk mengobati diare. Jawaban Masyarakat umum yang dianggap wajar karena dikenal oleh mereka disaat menderita diare minum oralit.     Benarkah Oralit bermanfaat Hanya untuk Penyakit Diare ???... Baca selengkapnya »

Produk Kapsul Herbal

Kulit Manggis
Daun Sirsak
Daun Binahong
Daun Jati Cina
Temu Putih
Temulawak
Pasak Bumi