Butuh Bantuan? Customer Service KOMUNITAS HERBAL SHOP siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Apakah Kurus Bebas Kolesterol Tinggi ?

Apakah Kurus Bebas Kolesterol Tinggi ?

Ditulis pada: 13 February 2014 | Kategori: Uncategorized

Apakah Benar kurus bebas kolesterol tinggi ???

 
Umumnya terdapat pandangan orang gemuklah yang paling beresiko terhadap tingkat kolesterol tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata orang kurus pun bisa tidak bebas kolesterol tinggi dengan resiko yang sama dengan orang gemuk.
 
Kadar Kolesterol pada usia 9 tahun dapat mencerminkan Kadar Kolesterol pada usia 40 atau 50 tahun. Di Texas, Amerika Serikat 1 dari 3 anak berusia 9-11 tahun mengalami Kolesterol Tinggi. Obesitas dapat memperburuk Kadar Kolesterol, tetapi 35 persen yang berbadan kuruspun dapat mengalami Kolesterol Tinggi. (Lihat Artikel Lengkapnya di wikipedia)
 

Kurus Bebas Kolesterol Tinggi

Apakah Orang Kurus Bebas Kolesterol Tinggi ???


 
Menurut dr. Dante Saksono H, SpPD, PhD, ahli kesehatan dari rumah sakit Mitra Keluarga Jakarta, kolesterol adalah lemak yang berada dalam darah, bukan lemak yang berada di bawah kulit.
 
Jadi bisa saja orang yang badannya kurus kolesterolnya tinggi, misalnya, perhatikan sebuah penelitian yang dilakukan Mayo Clinic, Amerika Serikat terhadap 1.101 relawan wanita dengan kisaran umur 41 tahun.
 
Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 54 persen relawan dinyatakan dalam bobot tubuh normal, tidak termasuk kategori obesitas tetapi kadar kolesterol mereka justru mencapai 30 persen di atas normal.
 
Tentu saja, kondisi tersebut membuat mereka memiliki resiko terhadap gangguan metabolisme lainnya yang juga dialami oleh para wanita yang masuk dalam kategori obesitas. Mengapa orang kurus juga beresiko memiliki kadar kolesterol tinggi?
 

Mengapa Kurus Tidak Berarti Bebas Kolesterol Tinggi ?

 
Menurut American Heart Association (AHA) orang yang tak gampang gemuk malah memiliki kecenderungan kurang menyadari bahaya kolesterol pada dirinya.
 
Akibatnya, ia kurang waspada pada jenis makanan yang dikonsumsi. Padahal, menurut AHA, tidak ada satu pun orang yang bisa memakan apa pun yang disukainya dan bisa tetap sehat.
 
Umumnya, makanan yang dikonsumsi mereka yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi adalah makanan dengan lemak jenuh (lemak hewani) dan lemak trans.
 
Bila jenis makanan tersebut terus-menerus dikonsumsi dalam jangka panjang, kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat.
 
Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah menyebabkan aliran darah menjadi kental karena banyak mengandung lemak.
 
Lemak-lemak tersebut dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah dan mengganggu kelancaran peredaran darah. Akibatnya, pembuluh darah menyempit dan mengganggu aliran oksigen dalam tubuh.
 
Ketika kadar oksigen di dalam darah berkurang, timbullah gejala-gejala seperti sakit kepala, pegal-pegal, atau kesemutan.
 
Patut diperhatikan bahwa selain gejala-gejala tersebut, tidak ada gejala khas lain yang dapat menjadi penanda tingginya kolesterol dalam tubuh.
 
Beberapa orang bahkan tidak mengalami gejala-gejala tersebut dan baru menyadarinya ketika mereka melakukan pemeriksaan kesehatan atau setelah mereka mengalami serangan jantung dan stroke. Oleh sebab itu, tes kolesterol dengan pemeriksaan darah penting dilakukan.
 

Menghadapi Kolesterol, Apa yang Perlu Anda Lakukan?

 
Pastikan bahwa Anda secara rutin memeriksa kadar kolesterol termasuk kolesterol LDL (jahat), kolesterol HDL (baik), dan trigliserida. Untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, sebaiknya pemeriksaan di laboratorium dilakukan secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali.
 
Sekali lagi, kolesterol tinggi tidak akan menimbulkan gejala apapun sampai terjadinya komplikasi. Oleh sebab itu, selain pemeriksaan secara berkala, tidak ada salahnya menerapkan hidup sehat dengan pola makan yang benar serta rajin melakukan olahraga.
 
Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi disarankan melakukan diet rendah lemak dan tinggi serat, rajin melakukan olahraga, dan usahakan untuk berhenti bagi mereka yang merokok. Pada beberapa orang, meskipun upaya-upaya tersebut sudah dilakukan, kadar kolesterol yang dimiliki tetap tinggi.
 
Hal ini disebabkan 80% kolesterol darah dihasilkan oleh tubuh sendiri sehingga jika metabolisme seseorang sudah memburuk, dibutuhkan penggunaan obat jangka panjang (terus menerus) selain modifikasi pola hidup dengan diet dan olahraga.

Apakah Kurus Bebas Kolesterol Tinggi ? | KOMUNITAS HERBAL SHOP

Tags: bebas kolesterol, kolesterol, kolesterol tinggi, kurus kolesterol, kurus kolesterol tinggi

Komentar dinonaktifkan: Apakah Kurus Bebas Kolesterol Tinggi ?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Madu Penyubur Pria dan Kandungan Wanita Al Mabruboh

madu-subur-pria-dan-penyubur-kandungan-untuk-kehamilan-anak Ditulis pada: 25 December 2016

Dalam bahtera rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warohmah (agama islam), belum lengkap rasanya bila belum memiliki anak yang senantiasa kehadiaranya didambakan oleh pasangan suami istri sebagai pelengkap kebahagiaan dalam mahligai pernikahan. Ada pasangan pasutri yang setelah menikah berbahagia dianugrahkan... Baca selengkapnya »

Mengenal Perbandingan Adaptasi Obat Herbal dan Obat Kimiawi

thumbnail Ditulis pada: 30 November 2016

Anda pasti sudah sering mendengar tentang dua macam obat, yaitu obat herbal dan obat kimia. Selama ini masyarakat mengartikan obat kimia sebagai penyembuh yang bereaksi cepat, harus sesuai anjuran dokter (karena bersifat keras), namun ada efek sampingnya. Sedangkan obat herbal... Baca selengkapnya »

Buah Manggis Lebak Diminati Pasar Eropa

produk buah manggis lebak diminati pasar eropa Ditulis pada: 8 November 2015

Buah Manggis Lebak Diminati Pasar Eropa Buah manggis (Garcinia mangostana) asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, diminati pasar Eropa, sehingga dapat memberikan pendapatan bagi petani di daerah itu. “Saat ini buah manggis Lebak dipasok ke pasar Eropa, seperti Belanda, Jerman, Italia,... Baca selengkapnya »

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri – Sel Makrofag

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri Ditulis pada: 3 November 2015

Membunuh Penyakit Kanker Dari Tubuh Anda Sendiri Apakah Benar Teori bahwa anda manusia mampu membunuh penyakit kanker dari tubuh anda sendiri ??? . Manusia diciptakan sempurna, termasuk organ tubuh yang mampu menangkal secara alami bahaya dari luar tubuh. Semua agama... Baca selengkapnya »

Bongkar Manfaat Oralit

manfaat oralit Ditulis pada: 28 October 2015

Pengertian dan Manfaat Oralit Berbicara manfaat oralit maka kita sekilas akan menyebut untuk mengobati diare. Jawaban Masyarakat umum yang dianggap wajar karena dikenal oleh mereka disaat menderita diare minum oralit.     Benarkah Oralit bermanfaat Hanya untuk Penyakit Diare ???... Baca selengkapnya »

Produk Kapsul Herbal

Kulit Manggis
Daun Sirsak
Daun Binahong
Daun Jati Cina
Temu Putih
Temulawak
Pasak Bumi